Wednesday 14 September 2011

Mengawali kegiatan pembelajaran hari ini dengan solat dhuha. Sebagai wujud pembiasaan solat yang dilakukan di SDIT Ulin Nuha Wuryantoro. Pagi ini kira-kira 90% siswa sudah siap melaksanakan solat. Kebiasaan bagi mereka memang ada satu dua siswa yang terlambat. Sehingga bagi mereka diperintahkan untuk mengerjakan sholat dhuha sendirian.
Setelah shalat dhuha, aku masuk di kelas 4 untuk materi pelajaran IPS. Tiga jam pelajaran tersedia untukku. Anak-anak kelas 4 saya ajak ke pinggiran Waduk Gajah Mungkur yang memang menggenang hingga dekat sekolahan. Kalau waduk sedang pasang, hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari sekolah. Akan tetapi kalau waduk sedang surut karena kemarau seperti saat ini, air menjauh sekitar 500 meter dari sekolahan. Begitu riangnya anak-anak saya ajak ke pinggiran Waduk Gajah Mungkur. Materi yang tersedia untuk kami pelajari pagi ini adalah kenampakan alam beserta pengaruhnya bagi kehidupan sosial. Waduk memang merupakan salah satu kenampakan alam buatan. Sehingga masih nyambung dengan materi yang harus kami pelajari di pagi ini.
Belajar dengan latar belakang alam, sungguh terasa berbeda. Pikiran ini selalu segar. Rasa bosan seolah absen dari setiap diri kami. Walau tubuh kami mulai keluar bulir-bulir keringat, tapi semangat ini tetap terjaga.
Dua jam pelajaran sudah kami lalui dengan menyenangkan. Satu jam terakhir kami gunakan untuk saling bercerita dan bertanya jawab mengenai berbagai hal yang ada hubungannya dengan materi pembelajaran. Anak-anak super ini tiada berhenti bertanya. Ada yang tanya: mengapa dibuat waduk segala?, Airnya kok surut itu menghilang kemana?, Yang terlihat dari sini itu pegunungan atau gunung apa? Dan serentetan pertanyaan lainnya. Tak hentinya mereka bertanya dan bercerita.
Mendekati jam pelajaran usai, anak-anak saya ajak kembali ke sekolah. Hanif, salah satu dari mereka, menemukan sebuah potongan pralon yang kemudian dibawa ke kelas. Pralon yang sengaja dipotong pak Tani karena sudah mengalami kebocoran barang kali.
Sampai di kelas mereka menumpahkan rasa lelah ke lantai keramik yang dingin. Ada yang duduk-duduk ada yang tiduran di lantai yang telah mereka sapu pada pagi harinya. Aku pun duduk di antara mereka. Sambil bercerita untuk berakrab-akrab dengan mereka.
Hanif sejak kedatangannya tadi asyik bermain pralon yang ia temukan. Saat pralon itu dia masukkan ke tangan, dia menggerak-gerakkan maju mundur dan memutar pralon itu. Misbah yang berada di belakang Hanif terkena ujung pralon itu. Terlihat membarut di samping mata kiri hingga pipi Misbah. Darah pun keluar dari luka di wajah Misbah itu. Misbah merintih kesakitan. Akhirnya Misbah kami bawa ke kantor guru untuk mendapatkan perawatan.
Akhirnya darah pun mampet dan Misbah bisa mengikuti pelajaran kembali. Hingga waktu istirahat panjang untuk salat dhuhur dan makan siang tiba. Semua siswa SDIT Ulin Nuha mempersiapkan diri untuk mengambil air wudhu. Seusai salat, mereka mengantri untuk makan siang. Misbah, Hanif, Berli, Sidiq, Tama, Yusak bergerombol makan bersama membentuk lingkaran. Aku mendekati mereka. Mereka sedang asyik makan sambil bercerita dan saling berbagi lauk. Aku langsung mengikuti canda tawa mereka. Aku menyeru, "Hanif, tadi sudah minta maaf sama Misbah belum? Itu Misbah kasihan wajahnya sampai keluar darahnya. Sakit, lho!" Hanif dengan rasa bersalahnya dan sedikit ketakutan menjawab, "E...e...Sudah, kok pak." Aku lihat mukanya merah padam. Hanif malah menunjukkan air muka hampir menangis. Tampaknya ia takut kalau aku marah padanya. Dan akupun merasa bersalah telah menegur demikian. Di saat itulah Misbah menyambung dengan tulusnya, "Sudah, kok pak. Hanif tadi sudah minta maaf. Saya nggak apa-apa, kok. Kan Hanif tadi nggak sengaja, ya Nif." Subhanallah, mereka benar-benar anak-anak super.
Dengan celetukan Misbah tadi, Hanif kembali riang. Hilang rasa takutnya. Dan canda tawa pun berlanjut kembali. Kemudian aku meninggalkan mereka dengan menitip pesan,"Lain kali, kalau bermain hati-hati, ya!"
Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!