Tuesday 7 May 2013


Sob, jumpa lagi nih… Eh, kamu pernah dengar kata kamseupay, boring, lebay, dan banyak lagi deh… nah ada lagi, nih: “Kepo”. Kadang kita lihat kan. Ada orang merasa bangga atau hebat kalau mengucap deretan kata itu. Aneh juga, ya? Ngucap kata-kata itu aja udah merasa paling gaul. Ih…lebay…(hi…hi…hi)
Kamu udah pernah dengar kata “kepo” belum? Atau kamu malah pernah dikata-katai “kepo”? Trus gimana reaksimu, Sob? Garuk-garuk kepala? Bertanya-tanya sambil senyam-senyum? Kagak usah bingung, kita ikutin pembahasannya, nih….

1. “Kepo”, apaan sih?
Kepo berasal dari kata Kaypoh. Bahasa Hokkien (China) yang banyak dipakai di Singapura dan sekitarnya. Sama seperti fudul, kepo berarti ingin tahu, mencampuri urusan orang lain, dan nggak bisa diam. Kata ini punya konotasi yang agak negatif. Misalnya begini:
"Kamu tadi ngapain ke ruang Guru?"
“Bertemu dengan Pak Budi.”
“Ada urusan apa dengan, Pak Budi?”
"Iiih, kepo banget si loo!"
Dalam keterangan lain, Kepo adalah akronim dari Knowing every Particular Object  adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detil dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat. Dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tersebut.
Contoh lain orang kepo nih begini …
“Mas, anda penggemarnya band Wali, ya?
“Enggak, tuh…”
“Lha tadi, sapu tangan Mas yang di saku belakang kok gambarnya Wali?”
“Kepo, Loo… ini sapu tangan adikku.”
Jadi, kesimpulannya nih, Sob. Kepo itu rasa pengin tahu, tapi ingin tahunya itu berlebihan. Sehingga untuk memenuhi rasa ingin tahu yang berlebihan itu, ia akan berusaha melakukan berbagai cara untuk menyelediki target operasi itu, termasuk mencampuri urusan orang lain yang sebenernya gak ada gunanya dia tahu atau tidak. Untuk ukuran orang normal, sih pasti akan risih kalau hal-hal yang terlalu dalem dari dirinya ditanya-tanya oleh orang lain. Melanggar privasi.
2. Trus, baik apa buruk?
“Kepo” itu baik apa buruk, Sob?
Kepo itu pada intinya kan pengin tahu yang berlebihan. Bisa jadi baik, bisa jadi buruk. Tergantung kepentingannya apa dan targetnya apa. Kalau seperti contoh di atas sih itu kurang baik, ya Sob.
Begini… . Kepo itu kan sebuah sikap awal. Yaitu rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu itu kemudian akan ditindaklanjuti dengan berbagai tindakan yang bisa jadi berbeda antara seseorang dengan orang lainnya. Orang yang kepo terhadap perbuatan orang lain, tindak lanjutnya berupa tanya-tanya melulu, memperbincangkan dengan orang lain, atau sekadar menduga-duga/berprasangka. Orang yang kepo terhadap suatu peristiwa, ia akan berusaha mencari tahu. Bisa jadi melihat langsung ke TKP (tempat kejadian perkara), menonton siarannya (kalau diberitakan di TV), mencari beritanya di koran atau internet sehingga menjadi gamblang.
Nah, tindakan kelanjutannya ini, Sob yang bisa jadi baik atau buruk.
3. Bagaimana pandangan Islam?
Sob, dalam Islam telah diatur apapun dalam kehidupan kita. Termasuk “Kepo”?  Iya dongg… Kepo itu berawal dari prasangka, duga-duga. Kok dia gini, kok dia gitu, kok itu begini, kok begitu dst. Tentang prasangka, telah diatur dalam surat Al Hujurat: 12
”Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain (tajassus), dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.” [Al Hujurat: 12].
Nah, kita telah diingatkan, Sob. Kita tidak boleh berprasangka yang buruk pada temen kita. Ini awal dari kepo. Kalau prasangka ini bisa dibendung, tentu kita tidak akan kepo. Tapi kalau tidak bisa membendung, yaa… kepo lah jadinya. Padahal sebagian prasangka itu dosa, loh. Orang yang berprasangka biasanya ia kemudian akan mencari tahu dengan bertanya sana-sini. Ujung-ujungnya ghibah donk… (membicarakan aib orang lain). Padahal ghibah itu dosa. Ghibah itu seperti memakan daging saudara kita yang telah mati. Sungguh itu perbuatan yang sangat menjijikkan, Sob.
Ciri yang lain orang yang kepo itu mencari-cari tahu tentang keadaan orang lain. Padahal belum tentu itu bermanfaat baginya. Dalam Islam hal itu kita juga telah diingatkan:“Termasuk dari baiknya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak penting baginya.” (H.R.Tirmidzi dan yang lainnya)
Nah loh… jika keislaman seseorang itu baik, maka ia akan meninggalkan hal-hal yang tidak penting baginya. Kalau cuma sekadar pengin tahu, buat apa? Nggak usah nyari-nyari tahu, lah. Kita tahan nafsu kita untuk pengin tahu keadaan orang lain itu. Lebih baik diam. Bukankah diam itu emas? He… he.. itu pepatahnya, Sob.
Di hadits yang lain nih, Sob. Kita juga diingatkan untuk tidak memata-matai orang lain, menyelidiki keadaan orang lain. Emang kita KPK apa? Kok menyelidik, menyadap pembicaraan orang lain? Hati-hati nih bagi yang suka masang telinga untuk menyadap, he.. he.. he. Kegiatan seperti ini namanya tajassus. Ini nih haditsnya:
"Berhati-hatilah kalian dari buruk sangka sebab buruk sangka itu sedusta-dusta cerita (berita); jangan menyelidiki; jangan memata-matai (mengamati) hal orang lain; jangan tawar-menawar untuk menjerumuskan orang lain, jangan hasut menghasut, jangan benci-membenci; jangan belakang-membelakangi, dan jadilah kalian sebagai hamba Allah itu saudara" (HR Abu Hurairah)
Dan bagi yang suka menyadap pembicaraan orang lain, memasang telinga, nimbrung, lalu pakai bumbu penyedap dengna menambahkan kebohongan berhati-hatilah. Itu bahaya besar. Dalam hadits nabi disebutkan:
Rasulullah saw bersabda, artinya,“Orang yang biasa mencuri-curi dengar tidak akan masuk surga.” [HR. Bukhariy  dari Hudzaifah, Imam Muslim, Abu Dawud, Ahmad, dan Daruqutniy]
 Ngeri, kan Sob? Okey … mari kita introspeksi diri. Mari lebih berhati-hati. Hati-hati… hati-hati… hati-hati… p r o v o k a s i….
Oh, ya Sob. Terus, kepo yang baik yang bagaimana ya? Nah, kita harus meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya. Untuk kepo yang tepat, bisa kita gunakan saat kita sedang melakukan penelitian. Saat kita melakukan kegiatan itu dibenak kita tentu harus ada segudang pertanyaan. “Mengapa kedelai bisa jadi tempe? Benarkah yang mengitari matahari itu bumi, bukan sebaliknya? Adakah kandungan emas di dalam tanah tempat tinggalku?”
Jadi gitu, Sob. Kita harus meletakkan sesuatu pada tempatnya. Untuk kepo ini kesimpulannya, jika engkau ingin melakukan atau meninggalkan suatu pekerjaan, perhatikanlah! Apakah hal itu penting bagimu atau tidak? Jika tidak penting, maka tinggalkanlah. Apabila penting, maka kerjakanlah sesuai dengan prioritasnya. Begitulah manusia yang berakal, ia sangat perhatian dengan amal kebaikan sebagai persiapan menghadapi kematian, dan dia selalu menginstropeksi diri terhadap amal-amalnya selama ini. Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita semua. Sehingga kita bisa menahan nafsu agar tidak selalu mencari tahu keadaan orang lain. Sehingga kita bisa menahan diri untuk tidak mencampuri urusan orang lain.
Sob, Lo baik kalau Lo ninggalin apa-apa yang gak ada urusannya ma Lo…
Salam ….
Artikel bisa dilihat juga di: http://haryoSongoSongo.blogspot.com

Februari 2013, Dwi Wahyudi

Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!