Saya Dwi Wahyudi, S.Pd.I, adalah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pracimantoro. Lahir di Wonogiri pada tanggal yang bersamaan dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, yaitu tanggal 09 Sepetember. Akan tetapi saya lahir di tahun 1985.
Saya tinggal di Pondoksari RT 02/10 Sumberejo, Wuryantoro, Wonogiri. Tempat ini bukan berada di sekitar 20 km sebelah barat daya Kota Wonogiri. Akan tetapi ini bukan "tanah kelahiran" saya. Karena saya lahir di Dusun Ploso, Pucanganom, Giritontro, Wonogiri. Sebuah pedesaan yang bertempat di selatan pusat Kota Wonogiri dengan jarak kurang lebih 50 km. Saya seorang yang tidak lulus TK. Karena letak sekolah TK di daerah saya relatif jauh. Sehingga saya langsung dimasukkan di sekolah dasar. Sekolah dasar saya di SD N II Pucanganom. Lulus tahun 1997 dengan predikat sebagai juara 1, peraih nilai ujian terbaik. Saya kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Giritontro. Rahmat Allah swt masih melingkupi saya karena juga berhasil lulus di tahun 2000 sebagai peraih nilai Ebta/Ebtanas di sekolah itu. Dirasa cukup mengejutkan para guru karena sejak kelas satu saya hanya juara di kelas, tapi kalah di level paralel. Di tahun yang sama saya langsung melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Baturetno. Di sinilah saya mengalami penurunan semangat belajar yang luar biasa. Paling mentok saya hanya meraih juara 2 di kelas. Pemicunya adalah karena hampir pasti saya tidak bisa melanjutkan kuliah dengan alasan klasik: biaya. 
Pertolongan Allah swt selalu datang kepada hamba-Nya. Sebagaimana dengan saya. Setelah perpisahan SMA di tahun 2003, saya mendapatkan panggilan dari sekolah untuk mendapatkan beasiswa mengikuti UMPTN (ujian masuk perguruan tinggi negeri) walau akhirnya saya gagal. Kegagalan itu tidak menjadikan saya patah semangat. Dengan beasiswa yang masih tersisa saya mendaftarkan di Universitas Nahdlatul Ulama. Saya kuliah di Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Guru PAI SD. Lulus di tahun 2005, saya melanjutkan kuliah kesarjanaan saya di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Luar biasa saya rasakan pertolongan Allah swt. Saya bisa kuliah sambil bekerja di sebuah penerbit buku di Kartasura. Begitulah kira-kira riwayat pendidikan saya.
Di dunia maya, untuk facebook saya tinggal di Wahyudi Dwi Zain. Sedangkan di Twitter saya tinggal di Haryosongosongo. Silakan klik dan berhubungan dengan saya. Senang sekali jika Anda berteman dengan saya. Sehingga kita bisa berbagi, saling memberi masukan, nasehat, saran dan lain-lain untuk saling memperbaiki kualitas diri. 
Saat ini saya sudah menikah dengan Yekti Prasetyani, alumni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan tahun 2003. Atas pernikahan kami, saat ini Allah swt. mengamanahkan seorang anak kepada kami yang kami beri nama Hamas Zain Luthfi. Ia lahir tanggal 18 Mei 2011 lalu. Semoga menjadi anak sholeh yang qurata'ayun, bermanfaat untuk agama dan bangsa.
Tugas mengajar saya di SMP Negeri 4 Pracimantoro. Sekolah itu lokasinya cukup terpencil. Di perbukitan sebelah barat daya wilayah Kabupaten Wonogiri. Lokasinya di Jl. Goa Putri Kencana Kelurahan Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Mengajar sebagai guru Pendidikan Agama Islam sangat membuat saya senang. Karena ada pahala berlimpah di sana. Semoga keistiqamahan tetap Allah swt berikan kepada saya untuk MENGASAH PEWARIS NEGERI ini di SMP Negeri 4 Pracimantoro.

Biodata Dwi Wahyudi

Nama                           : Dwi Wahyudi, S.Pd.I
NIP / NUPTK               : 19850909 200903 1 002
Guru Kelas / Mapel     : Pendidikan Agama Islam
Alamat                         : Pondoksari RT 02/RW 10 Sumberejo, Wuryantoro, Wonogiri
Telp & HP                    : 085725443001
E-mail                          : pdwikss@yahoo.com          
Alamat Blog                 : http://haryosongosongo.blogspot.com
Judul Blog                    : Mengasah Pewaris Negeri 


Riwayat Pendidikan
1. SD Negeri II Pucanganom lulus tahun 1997
2. SMP Negeri 1 Giritontro lulus tahun 2000
3. SMA Negeri 1 Baturetno lulus tahun 2003
4. Universitas Nahdlatul Ulama Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru PAI lulus tahun 2005
5. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru PAI lulus tahun 2007

2 komentar:

M. Fata Firdaus said...

Assalaamu 'alaikum ww, salam ukhuwah...
Tanpa sengaja sayatemukan blog ini, ternyata kita tetangga, profesi kita pun sama, bedanya saya lahir di jaman kuno yang sudah kedaluwarsa dalam mengejar ketertinggalan jaman. Melihat guru muda yang potensial, serasa sebagai suplemen pembangkit energi kehidupan. Ayo bangkit guru Indonsesia....

Bambang Riyadi said...

joooooozzzzz

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!