Wednesday 22 December 2010


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 19 Desember 2010 anak-anak SMP N 4 Pracimantoro melakukan study tour ke kota Malang dan Surabaya. Ya, anak-anak yang sehari-hari bergelut dengan pegunungan/perbukitan di kawasan Pracimantoro bagian barat daya itu ingin jelajah kota. Melihat jembatan terpanjang di Indonesia tentunya menjadi pilihan menarik. Mereka benar-benar terkesima menyaksikan jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Kota Surabaya dengan Pulau Madura.
Senang sekali mereka saat melihat Jembatan Suramadu. Ada yang melongo, ada yang berkomentar "Wooww...dowo ne raumum jembatan Suramadu."
Setelah ke Suramadu, anak-anak melanjutkan perjalanan ke Museum Jala Crana TNI Angkatan Laut. Mereka dipaparkan oleh Guide mengenai barang-barang yang ada di Museum. Anak-anak dengan asyik mencatat untuk kemudian dilaporkan saat mereka ditagih untuk melaporkan hasil perjalanan study tour mereka. Di museum mereka bisa melihat kapal perang, baju-baju militer angkatan laut, kursi tandunya Pak Dirman. Asyik sekali mereka mencatat dan memfoto dengan kamera hp mereka. Ada yang action di samping persenjataan, ada yang action di samping kapal perang dan masih banyak lagi tingkah "ndeso" mereka.
Dari museum angkatan laut, mereka melanjutkan perjalanan ke "kapal rumah sakit" TNI AL yang dibernama Kapal dr. Soeharso. Mereka naik kapal yang besarnya melebihi gedung di samping dermaga di surabaya itu. Woooooww.....! besar sekali kapal itu. Karena memang kapal rumah sakit, di dalamnya pun ada semacam ruang-ruang dan peralatan layaknya di rumah sakit. Kata guidenya kapal itu baru saja pulang dari Wasior di Papua untuk menolong korban bencana di Wasior. Saat ada acara jumpa dengan awak kapal, Roi anak kelas 7B tanya, "Pak, Kalau bis berjalan dengan roda, lah kalau kapal berjalannya dengan apa?" tanya Roi lugu sekali. Ada pula Alvi yang tanya, "Pak, kalau membelokkan kapal itu bagaimana?" polos pula.
Dari kapal besar, anak-anak melanjutkan ke kota Malang. Nah, saat itulah yang sangat membosankan. Saat sampai di Sidoarjo, tepatnya di Porong, samping lumpurLapindo, perjalanan macet total. Dari jam 13.30 sampai jam 18.30 berada di bis yang berjalan teramat lambat. Keadaan itu membuat banyak anak-anak yang tadinya "kemaki" mulai mabok darat.
Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!