Tuesday 30 October 2012

Contoh Perilaku Ghibah
Pada suatu ketika aku disuruh ibuku untuk membeli tleur ke warung. Warung itu agak jauh dari rumahku. Aku mulai berjalan. Di tengah perjalanan aku menemui serombongan ibu-ibu yang akan arisan. Aku perlahan mengikuti di belakang ibu-ibu itu. Dari rombongan ibu-ibu itu aku mendengar pembicaraan oleh mereka. Mereka membicarakan tetangganya yang sangat sombong dan sering memamerkan kekayaan dan barang-barang yang dimilikinya.
Mereka memperbincangkan keburukan tetangganya. Itu namanya ghibah. Ghibah itu seperti memakan daging saudaranya yang sudah mati. Itu perbuatan buruk dan dosa.
Dituturkan oleh Bayu Wibisono Kelas 8A.

Contoh Perilaku Hasad
Pak Ahmad adalah seorang pedagang bakso yang jujur dan memiliki penghasilan yang cukup besar. Pak Doni salah seorang teman pak Ahmad yang juga berprofesi sebagai penjual bakso. Pak Doni merasa tidak senang apabila Pak Ahmad mendapatkan penghasilan yang lebih dari dirinya. Ia merasa tersaingi dan terkalahkan oleh Pak Ahmad. Maka pak Doni kemudian berencana untuk membuat dagangan Pak Ahmad tidak laku. Ia menyiarkan kepada setiap orang bahwa dagangan Pak Ahmad itu baksonya terbuat dari daging tikus. Padahal bakso Pak Ahmad itu terbuat dari daging sapi.
Dituturkan oleh Dyah Nurmawati Kelas 8A








0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!