Monday, 10 October 2011


Ugraseno atau Haryo Ugroseno. Dialah kakek Haryo Songosongo. Ugrasena ketika dinobatkan menjadi raja di Lesanpura bergelar Raden Setyajid. Haryo Ugroseno memiliki saudara kandung Basudewo, Dewi Kunti, dan Prabu Rukmo. Basudewo di kemudian hari menjadi Raja di Mandura. Sedangkan Kunti adalah ibu pandawa. Sehingga Pandawa dengan Setyaki (ayah dari Haryo Songosongo) itu saudara sepupu.
Ugroseno kemudian menikah dengan Dewi Wersini. Seorang bidadari yang cantik jelita. Dengan Dewi Wersini ia memiliki putra yaitu Setyaki dan Setyaboma. Keduanya kemudian berpindah ke Dwarawati. Setyaboma menjadi permaisuri Raja Dwarawati yaitu Prabu Kresna. Sedangkan Setyaki menjadi panglima kerajaan Dwarawati. Dan dari Setyaki inilah lahir sang pewaris negeri: Haryo Songosongo.
Ugrasena memiliki watak pemberani dan sangat cerdik. Ia sangat lihai memainkan senjata gada. Saat terjadi penyerangan ke Suralaya yang dilakukan oleh Prabu Kalaruci dari Kerajaan Karanggubarja, Ugrasena dengan gagah berani berhasil membinasakan Prabu Kalaruci. Padahal Prabu Kalaruci adalah seorang raja raksasa yang beringasan. Atas keberaniannya dan keberhasilannya membinasakan Kalaruci ini Ugrasena kemudian dihadiahi Dewi Wersini untuk diperistri. Tidak itu saja. Oleh Batara Guru, wilayah Karanggubarja kemudian dihadiahkan untuk Ugrasena. Ugrasena kemudian mengganti nama menjadi negara Lesanpura.
Secara tidak resmi Arya Ugrasena juga mengawini Ken Sagupi, swaraswati Keraton Mandura, dan memperoleh dua orang putra bernama; Arya Pragota dan Arya Adimanggala.
Categories:

2 komentar:

santikrama said...

sebenarnya kurang mendetail bagaimana kehidupan rakyatnya saat dipimpin ugraseno

Haryo songOSOngo said...

Karena yang diceritakan dalam dunia pewayangan ya tidak detail. Dan kalau mau mendeskripsikan lebih jelas lagi, ya takutnya kalau nyalahi pakem...
Maturnuwun kunjungannya...

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!